Pelatih Timnas Italia yakni Antonio Conte mengatakan bahwa akan banyak pekerjaan yang harus dia lakukan sebelum menuju Piala Eropa 2016 mendatang. Banyak hal yang harus dibenahi untuk membentuk tim yang sempurna dan memiliki daya saing di Euro 2016 di Prancis nanti.

Timnas Italia melaju ke Piala Eropa 2016 dengan status juara grup dan membukukan tak terkalahkan dalam 10 pertandingan selama kualifikasi. Italia akan masuk dalam Grup E dengan Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia. Walau lolos dengan status finalis di turnamen sebelumnya, Italia bukanlah tim yang difavoritkan dalam turnamen Euro 2016 ini.

Ketika pengumuman hasil drawing dilaksanakan, Italia menempati posisi keenam sedangkan di lima besar ada Jerman, Prancis, Spanyol, Belgia, dan Inggris. Apalagi negara ini tidak begitu memiliki prestasi yang baik dalam turnamen besar yang terakhir mereka jalani yakni kalah langsung di fase grup pada Piala Dunia 2014 yang lalu.

Hal ini yang menjadikan pertandingan persahabatan berhadapan dengan Spanyol dan Jerman pekan ini menjadi persiapan yang wajib mereka lakukan untuk memantapkan tim dengan performa dan kerja sama yang solid agar dapat tampil kompetitif di Prancis musim panas nanti.

Conte menuturkan bahwa dia ingin bekerja dengan baik karena sangat antusias dengan turnamen Euro 2016 yang akan dihelat di bulan Juni nanti. ” Saya sangat antusias dan bersemangat untuk bekerja dalam tim ini. Ini merupakan pengalaman yang mungkin hanya ada sekali dalam hidup saya, ini membuat saya bangga dengan hasil pekerjaan saya. Saya disini bertanggung jawab dan mengharapkan yang terbaik dalam tim, khususnya pada para pemain ini, ” paparnya.

Antonio Conte juga mengatakan bahwa  untuk sampai ke Piala Eropa 2016 ini diperlukan sebuah unit kerja yang baik. Menyadari banyaknya timnas yang lebih kuat dari mereka, membuat Conte merasa harus secepat mungkin melakukan pelatihan ekstra pada pemain yang tergabung dalam timnas Italia tersebut.