Pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque resmi memastikan tidak akan mencatumkan nama Diego Costa dalam skuadnya nanti di Piala Eropa 2016 mendatang. Ini merupakan keputusan yang dia ambil karena melihat perkembangan kesehatan Costa. Namun, banyak yang menghubungkan hal ini dengan kasusnya saat menyerang dan menggigit pemain Everton, Garet Barry.

Laga persahabatan timnas Spanyol rencananya akan segera dilaksanakan. Mereka akan menghadapi Italia dan Rumania. Vicente Del Bosque menegaskan bahwa Diego Costa tidak akan ikut menguatkan timnas karena laga terakhirnya mengganggu keadaan fisik dan kesehatannya.

Walau Del Bosque sudah mengumumkan alasanya secara resmi, masih banyak pihak yang menduga bahwa keputusan meniadakan Costa dalam timnas untuk pertandingan nanti tak lepas dari kelakuannya beberapa saat yang lalu. Kala itu, Costa ikut membela Chelsea di Piala FA. Dalam laga tersebut Costa harus diusir wasit setelah terjadi perkelahiannya dengan pemain Everton, Gareth Barry. Costa terlihat menyerang dan mengigit Barry.

Del Bosque berpendapat bahwa semua dapat mengutarakan pendapat, namun nyatanya, hal ini berhubungan dengan kondisi kebugaran Costa. Ini juga terlihat dari kurangnya performanya yang membuatnya tidak ikut melawan PSG dan hanya bermain sekali saat berhadapan dengan Everton.

Saat ini, Costa hanya akan tidak diikutsertakan dalam laga persahabatan. Belum ada keterangan resmi yang mengatakan bahwa pesepakbola ini akan dicoret dalam Timnas Spanyol untuk Piala Erop 2016 yang akan datang. ” Saya berpikir dia memiliki penampilan yang sangat baik untuk beberapa laga dan kami sangat mengapresiasikannya, ” papar Del Bosque.

Ditanya mengenai insiden yang terjadi dalam pertandingan di Piala FA, Vicente Del Bosque mengakui hal ini bukan hal yang perlu ditakutkan dan peristiwa yang besar. “ Diego Costa memiliki alasan melakukannya, namun semua sudah kami selesaikan. Hal ini bukan hal yang perlu dibesarkan dan bukan hal yang sangat serius, kami hanya ingin fokus pada timnas Spanyol dan Piala Eropa 2016 yang akan datang, ” pungkasnya lagi.