Serangan bom yang terjadi di Brussels, Belgia, Selasa pagi (22/3/2016) waktu setempat sangat mengejutkan. Bom Belgia yang pertama terjadi di bandara Zaventem tersebut menewaskan 13 orang dengan 35 lainnya luka parah. Selanjutnya, bom kedua terjadi di stasiun kereta bawah tanah, Maalbeel yang letaknya dekat dengan markas Uni Eropa di Brussels. Terdapat 15 orang meninggal dan 55 terluka.

Insiden ini kini menjadi headline di belahan dunia. Berbagai ucapan duka dan mengutuk insiden tersebut mengalir dari berbagai kalangan, termasuk olahragawan. Disebutkan salah satu pemain Liga Inggris, Dieumerci Mbokani, sempat merasakan aksi teror saat berada di bandara Zavantem. Walau tidak terluka, namun pemain Norwich tersebut cukup terguncang.

Aksi teror di Brussels, Belgia, tersebut juga mempengaruhi perhelatan Piala Eropa 2016 mendatang yang akan dilaksanakan di Jerman, pada 10 Juni-10 Juli 2016. Apalagi tragedi ini hanya berselang tiga bulan dari teror yang melanda ibu kota Prancis, Paris tahun lalu.

Menanggapi kejadian tersebut, sejumlah keamanan sudah dipersiapkan menjelang event sepakbola eropa ini. UEFA pun semakin fokus dan memberikan jaminan keselamatan dan keamanan selama Euro 2016 berlangsung dengan kerjasama bersama elite Inggris, SAS dan Interpol.

SAS akan ditempatkan sebagai pengaman untuk lokasi-lokasi latihan, hotel dan sekitar arena pertandingan. Sedangkan untuk yang tidak memiliki kartu tanda pengenal tidak akan diperbolehkan masuk areal stadion dan fan zone.  Setelah bom Belgia ini terjadi, beberapa negara seperti Inggris, Wales, dan Irlandia Utara tengah mempersiapkan jalannya keamanan selama tampil di Euro 2016.

Usai bom Belgia ini terjadi, wakil Presiden UEFA, Giancarlo Abete mengatakan kemungkinan akan mengelar laga ini secara tertutup. Mengingat Piala Eropa 2016 adalah event yang tidak dapat dibatalkan dan mengatasi serangan terorisme, pihak mereka kemungkinan melanjutkan laga secara tertutup.

Sebelumnya UEFA juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi terkait persiapan keselamatan dan keamanan yang menjadi jaminan utama selama Euro 2016 bergulir. Putaran final Piala Eropa 2016 ini akan diselenggarakan mulai 10 Juli nanti. Sebanyak 24 negara akan berhadapan untuk mengejar gelar tertinggi sepak bola Benua Biru.