Home » Reviews » Kepulauan Cook Segera Bangun Cagar Alam Air Terbesar di Dunia

Kepulauan Cook Segera Bangun Cagar Alam Air Terbesar di Dunia

Kepulauan Cook Segera Bangun Cagar Alam Air Terbesar di Dunia

Kepulauan Cook baru saja mengumumkan akan membangun cagar alam air terbesar di dunia. Hebatnya, luas cagar alam ini diperkirakan mencapai dua kali luas negara Prancis.

Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Kepulauan Cook, Henry Puna. Puna mengatakan bahwa negara bekas jajahan Inggris yang dekat dengan Selandia Baru ini akan membangun cagar alam air seluas 1.065 juta kilometer yang berfungsi sebagai tempat konservasi samudra.

“Pembuatan cagar alam ini membantu melindungi salah satu ekosistem air terbaik di dunia, untuk kebutuhan manusia generasi mendatang,” kata Puna, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (30/8/2012).

Cagar alam ini nantinya akan menjadi yang terbesar di dunia, mengambil lebih dari setengah perairan di bagian selatan Bumi. Kepulauan Cook sendiri memiliki 15 pulau yang luasnya bila digabungkan lebih besar dari Kota Washington DC, Amerika Serikat.

Perairan Kepulauan Cook memiliki area terumbu karang yang berharga, padang rumput laut, dan sumber daya perikanan yang kaya.

Nantinya, cagar alam ini akan memiliki area utama di mana kegiatan memancing akan dilarang. Akan ada juga area khusus wisata sehingga nantinya turis dan wisatawan tidak akan mengganggu ekosistem perairan tersebut.

Leave a Reply

Copyright © 2011 Warta Travel.
Powered by WordPress.