Warta Travel

Jurnal Wisata & Travel

Travel Destination

Mengunjungi Goa Tengkorak di Perkampungan Suku Padoe

Di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, tepatnya di perkampungan Suku Padoe, ada sebuah goa yang diberi nama goa tengkorak, yang mana di dalam liang goa banyaknya berserakan kerangka tulang belulang dan tengkorak manusia yang berukuran lebih besar dari kerangka manusia zaman sekarang.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari lokasi perkampungan Suku Padoe di Dusun Lioka, Desa Wawondula, Kecamatan Towuti, dengan mengendarai sepeda motor, menyusuri jalan setapak di kaki bukit Tabarano yang masih ditumbuhi pohon-pohon berukuran besar, dan memancarkan panorama alam yang begitu indah, akhirnya saya tiba di sebuah goa.

Seperti halnya goa-goa yang ada di daerah lain, dimana dinding goa banyak terdapat batu stalagtit dan stalagmit yang melenjong berbentuk runcing, di goa ini juga banyak terdapat di dindingnya.

Menariknya, di dalam liang goa banyak berserakan kerangka tulang belulang dan tengkorak manusia yang berukuran sedikit lebih besar dari kerangka manusia zaman sekarang. Karena dipenuhi tulang dan tengkorak manusia, maka masyarakat Suku Padoe, meyebutnya dengan nama Goa Tengkorak.

Arita, warga suku Padoe yang tinggal di sekitar lokasi goa tengkorak, yang ditemui Rabu (16/5/2012) menuturkan, jika dulunya goa tersebut tidak hanya dipenuhi kerangka manusia, namun di dalam liang goa, banyak terdapat peti yang didalamnya berisi emas dan barang antik, seperti guci dan uang koin kuno, hingga peralatan perang Suku Padoe.

Namun barang–barang antik tersebut, kini hanya tinggal beberapa buah saja, selebihnya hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Goa ini adalah tempat penyimpanan jenazah nenek moyang kami di zaman dahulu, dimana saat itu Suku Padoe belum mengenal agama animisme. Namun setelah kami Suku Padoe menganut agama, maka warga yang meninggal dikuburkan ditanah “pekuburan” dan tidak lagi disimpan di dalam lubang goa,” tutur Arita.

Selain Goa Tengkorak, juga terdapat Goa Kelelewar di sekitar bukit Tabarano. Walaupun terlihat menarik untuk dikunjungi, namun kedua goa tersebut tidaklah ramai dikunjungi orang, hal ini diakibatkan akses jalan menju ke lokasi goa, sangat jelek dan berlumpur saat turun hujan, belum lagi objek goa yang tidak terawat.

“Kami pernah mengusulkan kepada pemerintah, agar goa ini ditata, khususnya perbaikan akses jalan, agar bisa menjadi obyek wisata. namun hingga sekarang belum ada respon perbaikan,” ungkap Simon, salah seorang warga Padoe.

Suku Padoe, adalah salah satu anak suku kerajaan Tana luwu, yang terdapat di Kabupaten Luwu Timur, dimana mereka lebih memilih hidup didaerah pedalaman sekitar pegunungan verbeck, dengan pola hidup bercocok tanam.

10 Comments

  1. Srirejeki Sukma

    Tengkorak Berserakan di Goa Ini BOPLO. tepatnya di perkampungan Suku Padoe ada sebuah goa yang diberi nama goa tengkorak Di dalam liang goa banyaknya berserakan kerangka tulang belulang dan .

  2. Robertus Yoyok Teguh Arianto

    Mengunjungi Goa Tengkorak Di Perkampungan Suku Padoe . Di Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan tepatnya di perkampungan Suku Padoe ada sebuah goa yang diberi nama goa tengkorak yang mana di dalam liang goa banyaknya .

  3. Poppy Septianita Nur Astida

    Goa Tengkorak Matarama Service Point. Mengunjungi Goa Tengkorak di Perkampungan Suku Padoe Di Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan tepatnya di perkampungan Suku Padoe ada sebuah goa yang diberi nama .

  4. Yuana Meida

    Mengunjungi Goa Tengkorak di Perkampungan Suku Padoe . Di Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan tepatnya di perkampungan Suku Padoe ada sebuah goa yang diberi nama goa tengkorak.

  5. Yaflet Martin Takwarif

    Tengkorak Berserakan Dunia Dan Akherat. tepatnya di perkampungan Suku Padoe ada sebuah goa yang diberi nama goa tengkorak Di dalam liang goa banyaknya berserakan kerangka tulang belulang dan .

  6. Palupi Dinar Larasswasti

    RDI Semarang Blog Archive Goa Tengkorak di . Goa Tengkorak di Perkampungan Suku Padoe Di Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan tepatnya di perkampungan Suku Padoe .

  7. Syofyan Indra

    Tengkorak Berserakan di Goa Ini Tribunnewscom. Sulawesi Selatan tepatnya di perkampungan Suku Padoe ada sebuah goa yang diberi nama goa warga suku Padoe yang tinggal di sekitar lokasi goa tengkorak .

  8. Siti Murofah

    Mengunjungi Goa Tengkorak di Perkampungan Suku Padoe . LUWURAYANET Di Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan tepatnya di perkampungan Suku Padoe ada sebuah goa yang diberi nama goa tengkorak yang mana di dalam .

  9. Sitti Nursutarsih

    Mengunjungi Goa Tengkorak di Perkampungan Suku Padoe . Goa tengkorak di perkampungan Suku Padoe di Dusun Lioka Desa Wawondula Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan berisi kerangka tulang belulang .

  10. Sri Wahyuni

    Misteri Gua Tengkorak laower. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari lokasi perkampungan Suku Padoe di Dusun warga suku Padoe yang tinggal di sekitar lokasi goa tengkorak .

Leave a Reply

Theme by Anders Norén