Warta Travel

Jurnal Wisata & Travel

Travel Destination

Potensi Wisata Tana Toraja

Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terletas sekira 328 kilometer di utara kota Makassar. Sebagai daerah wisata, Tana Toraja berada pada ketinggian 300 hingga 2880 meter dari permukaan laut dengan suhu antara 16-28 derajat celcius. Tana Toraja menyimpan banyak potensi wisata yang layak dikembangkan.

Saat memasuki daerah Salubarani perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, wisatawan bisa melihat hamparan sawah menghijau, bukit kapur menjulang tinggi dengan latar pegunungan biru berkabut. Rumah tradisional berukiran unik dengan atap melandai ke atas bisa dijumpai hampir di semua wilayah ini. Tidak salah jika Tana Toraja menjadi pilihan untuk menghabiskan hari liburan.

Berikut ini beberapa potensi wisata dan budaya yang ada di Tana Toraja:

1. Kolam Makale
Makale adalah Ibu Kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Tana Toraja. Di pusat kota Makale terdapat sebuah kolam besar yang di tengahnya terdapat Patung Lakipdada berukuran besar. Kolam ini biasanya sebagai tempat bersantai bagi wisatawan sambil menikmati keindahan alam pegunungan yang bisa dilihat dari kolam Makale.

2. Tilangnga
Tilangga adalah sebuah permandian alam yang berbentuk kolam terletak di Kecamatan Makale Utara sekira 11 meter dari Kota Makale. Mata air yang bersumber dari pegungunan sekitarnya mengalir dari celah batu-batu kapur yang tidak pernah kering meski pada musim kemarau panjang.

Di kolam hidup belut-belut besar yang tidak membahayakan pengunjung yang berenang. Konon, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, setiap pengunjung yang melihat keberadaan belut penghuni kolam itu akan membawa keberuntungan.

3. Sarambu Assing
Sarambu Assing terletak di bagian barat Kabupaten Tana Toraja di Kecamatan Bittuang atau sekira 35 kilometer dari kota Makale. Sarambu Assing merupakan kawasan objek wisata air terjun yang berasal dari pegunungan dan hutan yang masih asri. Wisatawan terlebih dahulu menelusuri jalan setepak di kawasan hutan pinus yang masih asri untuk sampai ke air terjun mirip air terjun Bantimurung yang ada di Kabupaten Maros.

Objek wisata Sarambu Assing juga potensi dikembangkan untuk wisata alam. Sejak air terjun Sarambu Assing dibuka untuk umum, objek wisata alam mulai ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan Nusantara terutama pada hari libur dan akhir pekan.

4. Pangopango
Pangopango terletak sekira tujuh kilometer arah selatan Kota Makale merupakan sebuah kawasan hutan tropis dengan kesejukan alam yang alami. Di atas ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut wisatawan disajikan pemandangan alam luar biasa indahnya. Kita juga bisa melihat seluruh Kota Makale dan Kota Rantepao dari puncak Pangopango. Kawasan ini sangat potensial dikembangkan menjadi wisata alam dan agrowisata.

5. Lemo
Lemo terletak sekira sembilan kilometer dari arah utara Kota Makale. Objek wisata yang berada di Kecamatan Makale Utara itu terdapat kuburan batu pahat sebagai situs pemakaman bagi para kepala suku di Toraja saat itu. Didepan liang (kubur) terdapat patung (tau-tau) sebagai replika orang yang dimakamkan. Di sekitar objek wisata Lemo juga terdapat tempat pembuatan tau-tau dan kios yang menjual berbagai souvenir khas toraja.

6. Rumah adat Toraja
Rumah adat Toraja berbeda dengan rumah adat di daerah lain. Atap rumah yang melandai ke atas menyerupai perahu. Keunikan lainnya dari rumah adat Toraja, bagian depan rumah terdapat deretan tanduk kerbau dan bagian dalam rumah terdapat tiga ruangan. Dinding rumah juga dihiasi dengan ukiran khas toraja.

7. Ma’badong
Ma’badong merupakan tarian khas Toraja pada ritual adat rambu solo (kedukaan). Tarian ini dilakukan secara berkelompok. Para penari membentuk lingkaran sambil melantunkan nyanyian duka. Gerakan tangan dan kaki para penari disesuaikan dengan irama lagu.

28 Comments

  1. Wahyu Khoiriah

    Kabupaten Tana Toraja Wikipedia bahasa Indonesia . Kabupaten Tana Toraja adalah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan dengan bupati Bernama Theofilus Allorerung Ibu kota kabupaten ini adalah Makale.

  2. Priswati Harahap

    Daya Tarik Wisata Tanah Toraja Wisata Bulukumba. Tana TorajaKali ini Saya Akan Mengajak Anda Melihat Potensi Wisata Tana Toraja Berikut Ulasannya Toraja Tanah Toraja merupakan obyek wisata yang terkenal dengan .

  3. Rila Fathia

    Tana Toraja Diperkenalkan ke Bali. Denpasar Bali Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan berupaya memperkenalkan objek wisata Tana Toraja dan potensi lainnya lewat suatu pertemuan dengan .

  4. Yocei Soleh

    Potensi Wisata Mamasa Diharapkan Bisa Saingi Toraja . Potensi wisata yang ada di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat diharapkan bisa menyaingi Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan yang sudah .

  5. Megah Mariana

    My Kampungs Potensi Pariwisata. Alam Tana Toraja sangat indah sehingga dijuluki objek wisata primadona untuk di Sulawesi Selatan dan Indonesia bagian Timur Julukan ini pantas karena .

  6. Wisnu Nugroho

    Toraja Update Pemkab Tana Toraja kembangkan berbagai . Pemkab Tana Toraja kembangkan berbagai potensi pariwisata Air terjun Sarambu Asing sudah dibuka sebagai salah satu objek wisata di Tana Toraja.

  7. Rinawati Sugiasih

    Sulawesi Selatan. POTENSI SUMBERDAYA DAN BIOFISIK Jarak tempuh Kab Tana Toraja dengan lokasi wisata ini sekitar 172 km yang dapat ditempuh selama 5 jam perjalanan.

  8. Syafatul Arif

    Tempat Objek Wisata Di Tana Toraja Wisatamucom. Wisatamucom memberikan Informasi Tempat Objek Wisata Di Tana Toraja yang bisa menjadi referensi ketika Anda Mencari Obyek Wisata Tana Toraja.

  9. Melita Rosmauli Simangunsong

    Obyek Wisata Kabupaten Tana Toraja Wisata Bulukumba. Wisata Sulsel Obyek Wisata Kabupaten Tana Toraja Tana Toraja dikenal sebagai tanah para raja atau orang di bagian selatan Tana Toraja menyebut orang dari .

  10. Muhammad Alamsyah

    Tilangnga KABUPATEN TANA TORAJA. Potensi Pariwisata Pertanian Peternakan Lokasi Wisata Buntu Burakke Lemo PangoPango Tana Toraja Jln Pongtiku no120 PantanMakale.

  11. Nelly Markiones

    Sederet Potensi Wisata Tana Toraja Berita Toraja. TANA Toraja merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terletas sekira 328 kilometer di utara kota Makassar Sebagai daerah wisata Tana .

  12. Nyi Sofiyanti

    potensi wisata tana toraja Archives INDONESIAN FREE. IndonesianFree Saat ini batu akik sedang di gandrungi banyak orang Fenomena trend batu akik tidak hanya booming sekarang saja dulu sekitar tahun 1980an.

  13. Mega Putri

    Potensi Pariwisata Toraja Sangmane. Bagaimana potensi wisata Toraja dimasa sekarang ini 2009 dan kedepan Ada banyak pihak yang menilai bahwa potensi wisata di Toraja sudah mati bahkan menurut .

  14. Zaenas Solihin

    Paket Wisata Toraja Makassar Sulawesi Selatan. Wisata Toraja melayani penjualan Tiket Pesawat secara Online dengan Tour Toraja Tour Makassar Tana Toraja Paket Kunjungan Kerja Makassar Kunjungan Kerja .

  15. Sudaryanto

    Potensi Wisata Mamasa Diharapkan Bisa Saingi Toraja . Mamuju ANTARA News Potensi wisata yang ada di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat diharapkan bisa menyaingi Kabupaten Tanatoraja Provinsi Sulawesi Selatan .

  16. Yayu Ponnur Ariyanti

    Benteng dan Sumur Tua Potensi Wisata Toraja Yang Belum . Kabupaten Tana Toraja sebenarnya menyimpan begitu banyak potensi wisata Bukan hanya wisata budaya seperti yang sudah terkenal selama ini akan tetapi ada juga .

  17. Suhirman Supelia

    Objek wisata Tana TorajaRantopeo Wisata Nusantara. Tana Toraja memiliki kekayaan budaya warisan leluhur yang tidak akan dijumpai di belahan bumi lain selain di Tana Toraja obyek wisata Kambira kuburan .

  18. Nunung Nurjanah

    Tempat Wisata di Tana Toraja Wisata Sulawesi. Tana Toraja adalah salah satu daerah yang cantik indah dan menawan di Indonesia di kejauhan punggung bukit yang bergerigi dari pengunungan yang berjejer di utara .

  19. Yusrizal Syafda

    Toraja PARIWISATA DI TANA TORAJA DI 1975. Di lima belas obyek wisata inilah terletak ke khasan Toraja dan Kebudayaan Tana Toraja ini memang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sektor Pariwisstanya.

  20. Sulaiman Dwitanto

    Wisata Pangopango Toraja Wisata Sulawesi. Wisata Pangopango Toraja adalah Wisata Baru di Tana Toraja yang akan menjadikan Tator sebagai Destinasi Pariwisata Nasional Wisata alam atau tracking .

  21. Siu Ling Suryanata

    Sederet Potensi Wisata Tana Toraja Indonesiaku . Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terletak sekira 328 kilometer di utara Kota Makassar Tana Toraja menyimpan banyak potensi wisata .

  22. Roy Prasetyo

    Potensi Wisata Tana Toraja Warta Travel. Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terletas sekira 328 kilometer di utara kota Makassar Sebagai daerah wisata Tana Toraja berada .

  23. Perkins Tafriend

    Seputar Budaya Indonesia Culture Of Tana Toraja Budaya . Dalam masyarakat Tana Toraja terdapat banyak sekali adat istiadat yang dapat dijumpai di sana sehingga Tana Toraja memiliki potensi wisata yang cukup .

  24. Nain Teti Nurhayati

    Wisata Budaya Tana Toraja Galeri Wisata Nusantara. Wisata Budaya Tana Toraja adalah Obyek Wisata Sulawesi Selatan yang paling populer oleh wisman dikenal sebagai obyek wisata budaya dunia.

  25. Yayuk Asmiati

    Pariwisata KABUPATEN TANA TORAJA. Humas Pemda Kab Tana Toraja Jln Pongtiku no120 PantanMakale Telp 042322120 Fax 0423 22006 Email humastanatorajakabgoid.

  26. Mohammad Eddy Santosa

    Tana Toraja Kembangkan 8 Obyek Wisata Kompascom. TANA TORAJA KOMPAScom Kabupaten Tana Toraja sebagai daerah wisata yang cukup terkenal memiliki delapan objek wisata unggulan yang akan dikembangkan.

  27. Morista Boru Tarigan

    Pangopango Agrowisata Baru di Tana Toraja Berita Toraja. TANA Toraja mengembangkan pariwisata berbasis lingkungan Inovasi ini menjadikan kawasan Pangopango sebagai objek wisata alam dan agro wisata Pangopango .

  28. Tondi Ni Riri Rangkuti

    WISATA TORAJA TOUR SOUTH SULAWESI blogspotcom. TORAJA TOUR SOUTH SULAWESI Tana Toraja often referred to as Obyek wisata dan atraksi wisata atau tourism resources adalah segala sesuatu yang ada di daerah .

Leave a Reply

Theme by Anders Norén